Mantan WR3 UMI Raih Gelar Doktor Teknik Mesin

Dr. Ir. H. Dirgahayu Lantara, MT (Mantan dekan FTI dan wakil Rektor III UMI), Jumat, 11/4 raih gelar doktor di UNIBRAW.

Hadir Ketua Pengurus Yayasan Wakaf UMI, H Mokhtar Noer jaya, ketua pengurus harian Prof. Dr. H. Jobhaar Bima, Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA wakil rektor I, III dan IV, pimpinan fakultas.

Dr. Ir. H. Dirgahayu Lantara, MT berhasil meraih gelar doctor teknik mesin setelah sukses mempertahankan disertasinya yang berjudul ‘Pengembangan Model Sistem Produksi Pembuatan Phinisi Untuk Meminimalkan Waktu dan Biaya Produksi’ didepan sejumlah penguji.

Penguji eksternal Prof. Dr. Ir. Agus Suprapto, MSc., Ph.D., mengakui, penelitian ini luar biasa dan menghasilkan output yang bisa dijadikan acuan untuk pengembangan dan manajemen proses pembuatan kapal Phinisi.

Dalam pemaparannya, dikemukakan bahwa tujuan penelitian ini melingkupi aspek model sistem produksi yang berhubungan dengan waktu dan biaya produksi.

Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan, pertama membuat gambar komponen kapal layar Phinisi membuat aktivitas awal sampai dengan akhir kegiatan pembuatan kapal layar Phinisi dalam bentuk aktivitas kegiatan tanpa mengubah pola

kerja para pengrajin, memberikan inisialisasi dari aktivitas kerja, 2) menghitung jumlah kebutuhan bahan baku utama dan bahan pembantu, menghitung waktu, dan menghitung total biaya, 3) mendesain penyelesaian penelitian dengan pengembangan model Pertama, model famili produk, model CPM dan model standarisasi serta model analisis biaya dengan menggunakan software auto cad, MS Project, MS visio dan MS excel.

You might also like

Milad Ke 35 Teknik Mesin UMI, Servis Motor Gratis & Lelang Iptek

Servis gratis motor Honda dan donor darah dalam rangka milad ke 35 Prodi Mesin Fak. Teknik UMI berlangsung di pelataran parkir kampus II UMI, Kamis 10 Desember 2014. Dalam rangka

Teknik UMI Segera Miliki Lab Baru

Ketua Yayasan Wakaf UMI H. M. Mokhtar Noer Jaya disaksikan Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA dan Wakil Rektor II UMI Dr. Ir. H. Iskandar BP, MSc, meletakkan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply