Milad Ke 35 Teknik Mesin UMI, Servis Motor Gratis & Lelang Iptek

Servis gratis motor Honda dan donor darah dalam rangka milad ke 35 Prodi Mesin Fak. Teknik UMI berlangsung di pelataran parkir kampus II UMI, Kamis 10 Desember 2014.

Dalam rangka milad ini pula, Kerukunan Alumni Teknik Mesin (KATM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) bakal menggelar kegiatan bertajuk Lelang Ilmu Teknologi di Hotel Grand Clarion, 14 Desember nanti. Kegiatan itu bakal menampilkan tiga karya produksi mahasiswa yang diklaim dapat diterapkan pada kehidupan masyarakat.

Sekretaris KATM UMI, Agus Baldie menjelaskan, pelelangan tidak ditujukan bagi produk atau alatnya, melainkan pada ide dan cara pembuatannya.

“Kalau ada yang berminat, silahkan siapkan alatnya karena kampus tidak memiliki biaya untuk produksi besar,” katanya.
Salah satu karya yang akan ditampilkan, yakni Rumpon Elektronik. Rumpon merupakan alat bantu penangkapan ikan bagi nelayan. Rumpon dapat digunakan diperairan dangkal maupun dalam. Prinsip kerja teknologi terapan ini hampir sama dengan rumpon pada umumnya.

Hanya saja, sistemnya berbeda. Jika rumpon pada umumnya, menggunakan waktu berhari-hari untuk mendapatkan ikan. Maka untuk Rumpon Elektronik ini, hanya dalam sehari saja.

“Jadi, ada sonar yang ditimbulkan dari alat ini. Sonar ini akan memanggil ikan dengan sendirinya tanpa harus menuggu berhari-hari,” jelas Agus.

Berkurangnya waktu produksi nelayan dengan penggunaan alat ini, tidak lantas membuat produksi turut berkurang.

You might also like

Tim Asesor BAN-PT Tinjau Prodi Teknik Mesin UMI

Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Prof. Dr. Ing. Ir. I Made Londen Batan, M. Eng dan Prof Dr Ir Hairul Abral melakukan reakreditasi Program Studi Teknik Mesin

Teknik UMI Segera Miliki Lab Baru

Ketua Yayasan Wakaf UMI H. M. Mokhtar Noer Jaya disaksikan Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA dan Wakil Rektor II UMI Dr. Ir. H. Iskandar BP, MSc, meletakkan

Mantan WR3 UMI Raih Gelar Doktor Teknik Mesin

Dr. Ir. H. Dirgahayu Lantara, MT (Mantan dekan FTI dan wakil Rektor III UMI), Jumat, 11/4 raih gelar doktor di UNIBRAW. Hadir Ketua Pengurus Yayasan Wakaf UMI, H Mokhtar Noer

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply